BAGAIMANA MENJALANKAN & MENGOPTIMALKAN BISNIS AUTOMOTIVE (SERI 3) Menerapkan Strategi Promosi Jitu di Dunia Bisnis Jasa

Salam jumpa kembali para pembaca. Semoga semuanya dalam keadaan sehat. Pada edisi terdahulu kita membahas bagaimana menjadi Petarung Sejati dalam dunia bisnis jasa. Sekilas mengingat, yang dimaksud dengan Petarung Sejati adalah bagaimana kita mempersiapkan diri sebagai seorang Wirausahawan tangguh yang profesional dalam bidangnya, kita berjuang memenangkan hati konsumen agar mereka dapat menjadi pelanggan yang loyal dan menyukai brand kita. Memang tidak mudah jika kita menjalani sebuah bisnis tanpa perencanaan yang matang. Sekecil apapun bisnis yang dijalankan, harus memiliki penyusunan rencana bisnis yang matang, memiliki keunikan, dan product positioning yang jelas. Selanjutnya langkah yang diterapkan adalah strategi promosi yang jitu untuk memikat pelanggan sebanyak mungkin.


Definisi pelanggan adalah RAJA, merupakan prinsip mutlak diterapkan sebagai motto dalam bidang bisnis apapun, tidak terkecuali bidang bisnis jasa. Apakah pengertian RAJA yang sesungguhnya? Pelanggan harus dilayani dengan sebaik mungkin sehingga mereka merasa puas dengan pelayanan kita. Demikian halnya dalam penerapan bisnis Car Wash & Auto Detailing, yang diutamakan adalah kualitas jasa dan interaksi pelayanan. Peganglah satu prinsip ini sebagai strategi pemasaran terpenting, karena Wirausahawan dapat dikategorikan berhasil apabila mereka bukan sekedar mengejar keuntungan, melainkan berlomba-lomba mendapatkan pelanggan yang loyal dan fanatik sebanyak mungkin.

Untuk memenangkan hati pelanggan, pasti memerlukan langkah-langkah strategi jitu. Mari kita menerapkannya dalam satu contoh bisnis, yaitu bisnis Car Wash & Auto Detailing. Sebelum melakukan strategi eksternal, kita harus mempersiapkan strategi internal terlebih dahulu. Persiapkan SDM kita dengan matang, karena diperlukan kerjasama team yang solid agar kita mampu melayani pelanggan dengan baik. Sebagai Wirausahawan, kita dituntut untuk memperhatikan kesejahteraan SDM dan bagaimana mempertahankan mood SDM yang senantiasa baik di dalam bekerja. Kita memperhatikan mulai dari adanya kontrak kerja, sebagai wujud rasa aman mereka bekerja di Perusahaan kita. Di dalam kontrak kerja tersebut dapat kita tuangkan Pasal-Pasal penting mengenai hak dan kewajiban antara pegawai dan Pemilik Bisnis tersebut. Jadi jelas tertera apa yang akan mereka dapatkan, misalnya gaji, bonus, maupun tunjangan lainnya. Sebagai Pimpinan hendaknya juga belajar memahami kondisi pegawai, mampu menjadi Pimpinan yang bijak dan mengayomi seluruh pegawai. Suasana hati dan lingkungan kerja yang nyaman akan membuat SDM dapat bekerja maksimal dan sungguh-sungguh melayani dari hati, tanpa adanya paksaan kerja. Penerapan sistem manajemen dalam Perusahaan adalah sebagai tolak ukur profesionalisme kita dalam menjalankan bisnis. Ingatlah satu hal, bisnis jasa tidak ada patokan ukuran kepuasan pelanggan. Namun yang dapat kita terapkan adalah tetap memberikan yang terbaik sesuai kemampuan kerja tim dan mampu profesional dalam setiap bidang bisnis yang digeluti.

Selanjutnya kita mempersiapkan strategi eksternal, yaitu berupa promosi dan branding. Tujuannya agar bisnis yang kita jalankan semakin dikenal masyarakat, mampu menjadi fenomena, bukan sekedar euphoria, dan ajang coba-coba. Penerapan strategi harus fleksibel, jika dalam kurun waktu tertentu tidak membawa hasil yang signifikan, kita harus mampu mencari strategi baru yang lebih efisien. Misalnya saja dalam menjalankan bisnis Car Wash & Auto Detailing, kita harus melakukan studi banding terlebih dahulu terhadap bisnis serupa, dalam kelas yang sama. Pelajari dalam radius jalan 5-10km, apakah ada bisnis yang serupa, perhatikan harga jual competitor, bagaimana cara mereka melayani konsumen, promosi apa yang sedang mereka jalankan dan bagaimanakah feedbacknya di mata konsumen. Hal ini bukan untuk memata-matai dan mengikuti cara kerja competitor, tetapi yang kita perhatikan bahwa kita harus mampu memberikan pelayanan yang lebih maksimal kepada konsumen. Melihat dan membandingkan tentu membuat kita belajar lebih banyak dan dapat berbenah diri dalam menjalankan bisnis. Tentunya brand positioning dan keunikan produk / jasa layanan adalah mutlak dimiliki, agar kita tidak hanya sekedar Copy Paste bisnis orang lain. Cara yang lebih cermat adalah ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi) sesuai dengan keunikan produk / jasa layanan yang dimiliki.
Sebagai inovasi menerapkan strategi eksternal yaitu menggunakan sistem online marketing melalui teknologi informasi atau internet, sebagai sarana promosi yang efektif dan biayanya juga relatif ringan. Melalui internet, informasi akan cepat sampai ke masyarakat. Mengingat masyarakat sekarang sangat ramah teknologi, mereka dapat mencari informasi apapun hanya dalam hitungan menit melalui jaringan internet. Kita dapat mempromosikan bisnis kita melalui jaringan komunitas seperti FLICKR, Facebook, twitter, dsb. Melalui jaringan komunitas, kita dapat berpromosi secara gratis dan mengajak mereka menyukai produk kita. Yang terpenting adanya teknologi informasi membuat komunikasi kita dengan pelanggan semakin dekat.
Pada edisi mendatang, kita masih membahas strategi promosi jitu, dan tentunya dengan pembahasan yang tidak kalah menarik. Sampai jumpa lagi...

*This Article is written by Kornelia Laurensia, exclusively for Excellent Magazine (edition March 2011.)*





Informasi dan Konsultasi :
MACSAUTO INDONESIA
Head Office : Jl. Kapuk Muara, Komplek Duta Harapan Indah Blok OO No. 8
Jakarta-Utara 14460
Tlp / Fax : 021-668 2492
Email : info@macsauto-indonesia.com
Website : www.macsauto-indonesia.com