BAGAIMANA MENJALANKAN & MENGOPTIMALKAN BISNIS AUTOMOTIVE (SERI 1)

Perkembangan industri Automotive sungguh sangat luar biasa pesatnya di Indonesia. Selain jumlahnya yang terus bertambah, merek-merek mobil dan kendaraan baru juga bermunculan. Fenomena ini melahirkan cukup banyak bisnis baru yang menyertainya. Bisnis perbengkelan, cuci dan salon mobil / motor, perusahaan aksesories mobil dan motor terus tumbuh, dibanjiri pelanggan, dan tak pernah sepi.

Pilihan usaha yang ditawarkan dalam konsep Waralaba juga semakin marak, mulai dari industri makanan, retail, maupun dalam bidang jasa. Semuanya menawarkan konsep yang tak kalah menarik dan saling berlomba cepat mencapai BEP. Begitu juga dalam Waralaba industri Automotive, dalam 2 tahun ini banyak merk-merk baru yang bermunculan, maupun merk lama yang tak ingin kalah untuk menunjukkan geliatnya di industri Waralaba.
Menurut Bambang Trisulo, selaku Dewan Penasihat Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), menyatakan sangat optimistis penjualan mobil sampai akhir tahun mencapai 600.000 unit. Bahkan, diprediksi, tiga hingga empat tahun mendatang penjualan mobil Indonesia menembus angka 1 juta unit per tahun. Meningkatnya jumlah mobil dan motor saat ini, telah meningkatkan pula peluang bisnis dalam bidang Automotive. Oleh sebab itu, situasi ini merupakan peluang yang baik dan harus dimanfaatkan, selain prospeknya sangat bagus dan juga merupakan bisnis jangka panjang yang menjanjikan.
Sebagai gambaran, bisnis dalam lingkup Automotive sangat luas. Dimulai dari bengkel service mobil dan motor, service AC mobil, bengkel modifikasi mobil dan motor, penjualan aksesories mobil dan motor, Interior Car Leather / pemasangan jok dan interior mobil, sampai dengan usaha perawatan kendaraan seperti Cuci Mobil dan Motor & Poles Mobil, atau biasanya dikenal dengan usaha Car Wash & Auto Detailing.
Berikut ini kita akan membahas secara detail bagaimana langkah untuk memulai bisnis Car Wash & Auto Detailing. Jika kita ingin membuka bisnis Car Wash & Auto Detailing, maka hal-hal tersebut dibawah ini yang harus dipersiapkan :
  1. Mencari lokasi yang strategis.
  2. Lokasi yang strategis itu sangat penting sebagai faktor utama penentu apakah kelak outlet akan ramai dikunjungi atau tidak. Jika kendaraan yang lewat lebih banyak motor daripada jumlah mobil, maka area lokasi tersebut tidak cocok dijadikan area bisnis Car Wash & Auto Detailing. Jangan mencari lokasi yang terletak di jalur cepat, daerah perbatasan, dan tidak dilalui banyak mobil pribadi. Sebab biasanya mobil-mobil yang lewat di jalan tersebut hanya menumpang lewat sampai ke lokasi tujuan, dan jika di jalur cepat maka outlet akan sulit terlihat dari jalan, karena kendaraan lalu-lalang dengan sangat cepat, sekalipun kita memasang Banner / Signboard yang besar pasti tidak banyak orang yang memperhatikan. Lokasi yang disarankan adalah terletak di sekitar komplek Perumahan, pinggir jalan utama utama dengan intensitas lalu lintas padat kendaraan, jalan 2 arah (bukan jalur cepat), bisa juga bekerjasama atau menyewa lahan di dalam SPBU (jika luas area tesebut cukup memadai).
  3. Melakukan survey lokasi dan studi kelayakan.

  4. Sebagai gambaran, perhitungan dalam 1 jam jalan tersebut dilalui sekitar 1200-1500 mobil pribadi. Asumsi dalam 1 jam kita hanya mengharapkan 1% mobil yang masuk ke outlet, dari sekian banyak jumlah mobil yang lewat. Perhitungan 12 mobil x 8 jam kerja = 96 mobil per hari. Semakin sedikit jumlah mobil yang lewat, maka kesempatan mobil yang masuk ke outlet pun akan berkurang jumlahnya.

    Perhatikan juga area dalam radius 5km dari lokasi lahan, apakah ada bidang usaha sejenis? Jika memang ada, apakah perbedaannya masing-masing outlet? Catatlah kelebihan dan kekurangan masing-masing outlet tersebut dan perhatikan harga jual produk layanan mereka. Cek cara kerja dan sistem pelayanan mereka terhadap konsumen di outlet. Bisnis Car Wash & Auto Detailing adalah bidang jasa, sebab itu pelayanan yang maksimal kepada konsumen akan sangat berdampak untuk mendapatkan konsumen yang loyal.

  5. Mempersiapkan peralatan lengkap dan bahan pendukung yang dibutuhkan.

  6. Jika sudah mendapatkan lokasi yang tepat dan data-data survey lokasi sudah lengkap, waktunya untuk mengumpulkan data peralatan lengkap yang dibutuhkan. Bisnis Car Wash ada 2 jenis, yaitu : Car Wash Detailing (Car Wash yang menggunakan Hidrolik / Single Post) dan Car Wash Express (Car Wash dengan teknologi terbaru, yaitu Mesin Car Wash Express). Mesin Car Wash Express yang baik digunakan adalah mesin yang aman dan tidak membuat baret body mobil. Mesin tersebut sama sekali tidak menggunakan brush / bulu-bulu karet yang menyentuh mobil.

    Pilihlah peralatan yang berkualitas dan mintalah garansi resmi. Biasanya peralatan yang berkualitas, maka dari Pabrik ataupun Distributor mampu memberikan garansi yang cukup lama, sebagai bukti produk tersebut benar-benar terjamin.
    Jika kita sudah menentukan peralatan yang akan dibeli, barulah kita masuk ke tahap selanjutnya.

  7. Pembuatan design 2D dan 3D.

  8. Pembuatan design outlet disiapkan setelah kita menentukan terlebih dahulu peralatan yang dibeli, agar penempatan peralatan dan flow / arus keluar-masuk mobil dapat tertata dengan rapi. Design 2D untuk menentukan peletakan ruang-ruang yang dibutuhkan, serta ukuran ruangan yang disiapkan. Design 3D dibuat setelah design 2D sudah fix, maka design 3D digunakan untuk menentukan design dan bentuk outlet lebih real. Jadi pelaku bisnis dapat mengetahui dan menghitung anggaran budget pembangunan yang disiapkan. Jika ingin lebih terinci lagi, dapat meminta Arsitek membuatkan Rancangan Gambar Kerja (DED) beserta perhitungan Rancangan Anggaran Bangunan (RAB) dengan lebih tepat.

  9. renovasi tempat/lokasi

  10. Jika gambar 2D dan 3D sudah siap, maka kita sudah siap melakukan renovasi outlet sesuai design yang diinginkan, tentunya dengan budget yang telah disiapkan.

Demikian sampai disini dulu penjelasan kali ini... Sampai jumpa lagi 

*This article is written by Kornelia Laurensia, exclusively for Excellent Magazine (edition November 2010.)*

Informasi dan Konsultasi :
MACSAUTO INDONESIA
Head Office : Jl. Kapuk Muara, Komplek Duta Harapan Indah Blok OO No. 8
Jakarta-Utara 14460
Tlp / Fax : 021-668 2492
Email : info@macsauto-indonesia.com
Website : www.macsauto-indonesia.com